Wednesday 24th of July 2024
×

Sejarah Terowongan Sasaksaat Beserta Fakta Menarik, Masih Aktif Untuk Perlintasan Kereta Api!

Sejarah Terowongan Sasaksaat Beserta Fakta Menarik, Masih Aktif Untuk Perlintasan Kereta Api!

--

Bangunan.web.id - Pada rangkuman pembahasan dibawah ini kami aakan membagikan informasi terkait dengan sejarah terowongan Sasaksaat Beserta Fakta Menarik yang kini masih aktif digunakan untuk perlintasan kereta api. Simak selengkapnya berikut ini. 

Terowongan kereta api terpanjang di Indonesia, setelah Terowongan Wilhelmina yang sudah tidak aktif, adalah Terowongan Sasaksaat, yang terletak di desa Sumurbandung, di kecamatan Cipatat, di kabupaten Bandung Barat.


Menariknya, Terowongan Sasaksaat masih beroperasi hingga saat ini dan digunakan oleh sejumlah rute kereta api.

Baca juga: Proyek Pembangunan Terowongan TIJ-KBS Dimulai, Jalan Joyoboyo Surabaya Ditutup!

Baca juga: Daftar Sewa Rumah Bulanan Pekanbaru Juni 2024 yang Nyaman dan Luas Terdekat Dari Lokasi Saya

Sejarah Pembangunan Terowongan Sasaksaat

Terowongan Sasaksaat dibangun oleh kontraktor spesialis Eropa dengan menggunakan teknik dan teknologi mutakhir dari Belgia. Terowongan Sasaksaat dibangun dengan menggunakan tenaga kerja lokal, Cina, dan Eropa.

Penduduk asli dan Cina bekerja sebagai kuli, sedangkan orang Eropa dipekerjakan sebagai mandor, kontraktor, dan teknisi. Proses pembangunan terowongan Sasaksaat dimulai dengan upacara persembahan yang diikuti oleh penduduk setempat,

untuk memohon keselamatan dan mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Kendala dalam pembangunannya sendiri adalah kandungan air yang tinggi, yang menyebabkan rembesan air ke dalam terowongan dan risiko longsor.

Selain itu, adanya bebatuan di dalam tanah membuat penggalian menjadi sulit. Pada saat itu, infiltrasi air diatasi dengan melapisi terowongan dengan lapisan semen setebal 0,85 meter. Selain itu, sebagian terowongan dilapisi dengan seng.

Baca juga: Tentukan Hari Baik Membeli Motor Menurut Primbon Jawa di Bulan Juni 2024, Membawa ke Jalan Kesuksesan!

Pada saat yang sama, pengeboran manual digunakan untuk menghancurkan batu untuk menghindari getaran yang dapat menyebabkan longsor.

Fakta Menarik Terowongan Sasaksaat

1. Panjangnya mencapai 949 meter

Joni mengungkapkan bahwa terowongan Sasaksaat memiliki panjang 949 meter, atau hampir satu kilometer.

Source:

Update Terbaru