Wednesday 24th of July 2024
×

Info Gerhana Bulan di Bulan Juli 2024 dari NASA, Bakal Ada Terjadi 2 Fenomena Sekaligus?

Info Gerhana Bulan di Bulan Juli 2024 dari NASA, Bakal Ada Terjadi 2 Fenomena Sekaligus?

--

Bangunan.web.id - Gerhana merupakan salah satu fenomena di mana benda langit atau pesawat ruang angkasa tertutup oleh benda langit lain, atau melewati bayangan dari benda langit lain. Salah satu fenomena gerhana yang terjadi di sekitar tata surya kita adalah gerhana bulan.

Gerhana bulan adalah fenomena langit ketika bulan memasuki bayangan bumi saat melakukan rotasinya. Dibandingkan dengan gerhana matahari yang hanya bisa disaksikan oleh sebagian kecil wilayah bumi, gerhana bulan dapat disaksikan oleh bagian bumi manapun yang mengalami malam hari. Gerhana bulan juga dapat terjadi sekitar 2 jam.


Baca juga: Jam Hoki Higgs Domino Juli 2024, Inilah Daftarnya yang DIJAMIN Auto Dapat Full Maxwin x500!

Baca juga: Baru! Jam Hoki Higgs Domino 5-6 Juli 2024 Update, Langsung Dapat Maxwin Hingga 90B!

Fenomena ini biasanya hanya terjadi saat fase bulan penuh (full moon) dan terjadi maksimal 3 kali dalam setahun. Hal ini disebabkan oleh orbit bulan di sekitar bumi yang tidak datar, melainkan miring sekitar 5 derajat. Gerhana bulan juga terbagi atas 3 jenis, yaitu gerhana bulan total, sebagian, dan penumbra.

Kapan Gerhana Bulan Terjadi?

Tahukah kamu? Fenomena gerhana bulan ternyata terjadi setiap 195 tahun sekali. Berdasarkan informasi dari BMKG, gerhana bulan total terbagi dalam beberapa fase. Berikut penjelasannya.

1. Fase (P1) Awal Gerhana Bulan

Gerhana terjadi mulai pukul 15.46.12 WIB, 16.46.12 WITA , 17.46.12 WIT yang melintasi Papua bagian tengah. Masyarakat di Provinsi Papua dapat menyaksikan seluruh proses terjadinya gerhana bulan total tersebut.

2. Fase (U1) Gerhana Bulan Sebagian

Baca juga: Jam Hoki Higgs Domino Juli 2024, Inilah Daftarnya yang DIJAMIN Auto Dapat Full Maxwin x500!

Source:

Update Terbaru