Saturday 15th of June 2024
×

Festival Perahu Naga Peh Cun 2024 di Kota Tangerang Sangat Meriah, Semarak Tradisi dan Budaya Spektakuler

Festival Perahu Naga Peh Cun 2024 di Kota Tangerang Sangat Meriah, Semarak Tradisi dan Budaya Spektakuler

--

BANGUNAN.ID - Kota Tangerang kembali semarak dengan kemeriahan Festival Perahu Naga Peh Cun 2024 yang berlangsung dari tanggal 2 hingga 16 Juni 2024. Diselenggarakan di sepanjang bantaran Sungai Cisadane, festival ini menjadi salah satu ikon budaya terbesar di kota Tangerang, menarik perhatian masyarakat lokal maupun wisatawan dari berbagai daerah.

Lebih dari sekadar perlombaan, Festival Peh Cun merupakan perwujudan tradisi dan budaya masyarakat Tionghoa Peranakan (Cina Benteng) di Tangerang yang telah dilestarikan selama lebih dari 2.300 tahun. Perayaan ini tak hanya meriah dengan berbagai atraksi dan kegiatan, tetapi juga sarat makna dan nilai-nilai luhur yang diwariskan turun-temurun.

Baca juga: Cara Dapat Combo Harian Hamster Kombat, Total 5.000.000 Koin Dijamin Langsung Masuk Kantong!

Baca juga: Penyebab Gudang LPG di Denpasar Terbakar Diduga Karena Pengoplosan Gas LPG,Pertamina Sebut Bukan Pangkalan Resmi

Festival Peh Cun 2024 diawali dengan aksi kemanusiaan berupa Donor Darah yang diadakan pada tanggal 2 Juni 2024. Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian masyarakat Tionghoa Peranakan terhadap sesama dan menjadi pembuka rangkaian acara festival yang penuh warna.

Ritual Budaya dan Tradisi yang Unik

Salah satu tradisi unik yang selalu dinanti dalam Festival Peh Cun adalah ritual mendirikan telur. Pada tanggal 10 Juni 2024, ritual ini kembali dipertontonkan, menarik perhatian masyarakat yang ingin menyaksikan momen istimewa ini. Menurut kepercayaan, pada hari Twan Yang, posisi matahari dan gravitasi sejajar sehingga memungkinkan telur untuk berdiri tegak tanpa bantuan. Tradisi ini dimaknai sebagai simbol keseimbangan dan keharmonisan alam semesta.

Baca juga: Gudang LPG di Denpasar Terbakar Hebat, 18 Pekerja Dinyatakan Terkena Luka Bakar yang Cukup Serius Hingga Kritis

Source:

Update Terbaru

RELATED POST